Friday 22 July 2016

MEMBUAT KOMPOR DARURAT DARI SPIRTUS



        kompor sebagai alta untuk memasak makanan sangat diperlukan dan penting dalam kehidupan kita, sehingga sepertinya manusia tidak bisa lepas dari keberadaannya. dimanapun tempatnya apapun situasi dan kondisinya kompor atau alat pembakaran harus difikirkan keberadaanny, termasuk juga ketika kita harus dihadapkan pada kondisi atau tempat2 extrim yang tidak biasa.

        buat orang yang hoby traveling terutama yang senang mengexplor dialam liar, sangatlah tidak dimungkin membawa kompor yang standar seperti yang ada dirumah, andaikan harus membuat api terbuka / api unggun untuk memasak dialam liarpun cukup merepotkan. tapi tetap keberadaan kompor sebagai alat memasak tidak bisa ditinggalkan. untuk itu sangat diperlukan adanya kompor yang simpel bisa dibawa kemana2 dan aman penggunaannya.
     
        Dipasaran memang tersedia kompor portabel yang mudah dibawa kemana2, namun harganya tidaklah murah, perlu kocek yang cukup banyak untuk memilikinya, dan ukurannya pun cukup memakan space di tas kita... untuk itulah diperlukan alternativ kompor yang murah meriah , efektif , simple, dan aman penggunaannya, bisa juga diterapkan untuk keadaan2 darurat dirumah ( misal kehabisan gas pada saat memasak ) tapi perut sudah teriak2 minta diisi.

        Untuk membuat kompor darurat sederhana caranya tidaklah sulit cukup sederhana dan gampang didapat bahannya disekitar kita..
ok langsung saja siapkan bahan2nya :

1 - Spirtus - ( bisa dibeli di toko material )
2 - kaleng bekas minuman bersoda
3 - gunting
4 - rantang ( sebagai tempat untuk memasak )
5 - 3 batu kira2 sebesar bola bekel  / benda2 yang tidak mudah terbakar lainnya bisa divariasikan, nantinya digunakan sebagai tungku tempat meletakan rantang.

cara membuatnya :

- kaleng bekas minuman bersoda dipotong dengan gunting pada bagian bawahnya setinggi 3 cm dari bawah, nantinya di fungsikan sebagai cawan tempat spirtus..
- tata batu2 seperti tungku bentuk segitiga
- letakan cawan hasil potongan kaleng soda di tengah tungku lalu diisi spirtus sampai penuh tapi jangan sampai luber..
- nyalakan dengan korek api
- lalu letakan rantang diatas tungku ( misal untuk masak air atau mi instan )

BACA JUGA :
KUMPULAN ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

1 cawan spirtus bisa digunakan untuk masak kira - kira 15 menit , jadi cukup untuk mematangkan air atau mi instan ...
kalau mau bikin tungku model kaya gini juga bisa.. bikin di tukang las atau kreativ sendiri aja pke kawat bekas..


        mudah bukan , simpel murah dan sangat bermafaat untuk keadaan2 darurat ataupun saat berada di alam liar / camping , atau juga untuk menghemat budget biaya makan saat traveling , dan juga bisa di manfaatkan oleh anak kos - kosan untuk menghemat biaya makan di warteg hehehe....

terimakasih sudah mampir di blog saya

BACA JUGA :
KUMPULAN ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

No comments:

Post a Comment